Verifikator Keuangan, Kunci Agar Tak Ada Kesalahan Dalam Pencairan Anggaran

167 total views, 1 views today

Verifikator keuangan adalah salah satu posisi penting yang bertanggung jawab untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam dokumen pelaksanaan anggaran. Posisi yang satu ini umumnya lebih sering ditemukan di institusi pemerintahan atau lembaga, karena proses pencairan anggaran memerlukan proses yang cukup panjang. Sebelum akhirnya bisa mencairkan anggaran, maka harus dilakukan proses verifikasi terlebih dahulu. Di situlah seorang verifikator keuangan mulai bertugas untuk melakukan verifikasi pada sejumlah dokumen yang sudah diajukan. Jika misalnya semua dokumen sudah benar dan lengkap, maka proses pencairan anggaran bisa segera dilaksanakan. Dalam proses verifikasi dokumen, seorang verifikator keuangan harus mengetahui dulu ketersedian dana untuk membiayai suatu kegiatan yang tercatat di dokumen. Saat dana yang akan dicairkan tidak tersedia atau tidak cukup, maka verifikator keuangan dapat mengembalikan dokumen untuk diperbaiki lagi.

Verifikasi keuangan memiliki tujuan agar proses pencairan anggaran bisa tepat dan transparan. Selain itu, berikut ini penjelasan dari dilakukannya verifikasi keuangan, antara lain:

  • Mencegah terjadinya penyimpangan yang bisa merugikan instansi negara;
  • Memastikan kelengkapan dan validitas dokumen keuangan;
  • Meyakinkan bahwa proses pembelian barang atau jasa telah sesuai dengan ketentuan;
  • Mengetahui jika proses kegiatan yang diajukan telah sesuai dengan jadwal.

Selengkapnya

Created by Ibnu Hadi

Close Menu