Menjawab Tantangan Realisasi Anggaran

152 total views, 3 views today

Menetapkan permasalahan dan strategi dalam peningkatan daya serap anggaran suatu organisasi untuk mencapai target dapat dilakukan dengan pemodelan sistem dinamis (system dynamic modelling). System dynamic adalah metodologi untuk mempelajari simulasi sistem yang kompleks biasa digunakan ketika model analitis resmi tidak ada atau sulit untuk diterapkan.

Model tersebut sesuai dengan permasalahan yang tengah dihadapi Kementerian Perhubungan setiap tahunnya. Persentase realisasi pelaksanaan anggaran atau yang biasa disebut dengan daya serap masih terbilang jauh dari target yang diharapkan. Lambatnya daya serap tersebut menunjukkan kondisi anggaran dimana dana yang telah dialokasikan untuk belanja negara ternyata tidak termanfaatkan secara keseluruhan. Hal ini akan berdampak terhadap Pertumbuhan ekonomi nasional. Tingkat serapan anggaran yang diharapan adalah lebih dari 80% tetapi berdasarkan data daya serap Kementerian Perhubungan setiap tahunnya belum dapat mencapai target tersebut. Oleh karena itu Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan mengadakan Pelatihan terkait System Dynamics Modelling.

Tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut untuk memberikan wawasan kepada peserta pelatihan mengenai metodologi sistem dinamis dalam pengambilan kebijakan yang dapat diaplikasikan pada permasalahan yang sesuai dengan apa yang sedang dihadapi Kementerian Perhubungan. Peserta pelatihan juga telah dibimbing untuk membuat penggambaran aliran proses bisnis penyerapan anggaran pada Kementerian Perhubungan dimulai dari usulan program (perencanaan), pengalokasian anggaran, pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan pekerjaan sampai dengan penyerapan anggaran. Peserta pelatihan juga telah diberikan simulasi dengan dibagi menjadi beberapa kelompok yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan peserta agar tidak terbatas hanya pada pengembangan model, tetapi juga melakukan model testing, serta penentuan kebijakan yang optimal dalam rangka mengelola anggaran di Kementerian Perhubungan.

Pelatihan System Dynamics Modelling diisi dengan narasumber utama Dr. Ir. Muhammad Tasrif, M.Eng yang merupakan dosen dari Institut Teknologi Bandung dan didampingi dengan beberapa narasumber yang sama-sama tergabung dalam System Dynamics Bandung Bootcamp PT DATC (Dirgantara Training Center) Bandung yaitu Ina Juniarti, S.T., M.T., Fauzan Ahmad, S.T., M.T., Arij Ashari Nur Iman, S.T., Drs. Erwin Setia Dharma, dan Juliadi, S.T. Dr. Ir. Muhammad Tasrif, M.Eng beserta Dynamic Modelling Team menyampaikan materi pelatihan seperti pemahaman dasar strategi dan kebijakan, pemodelan kebijakan, system thinking dan system dynamics, feedback loop, delay dan nonlinearity.

Pelatihan ini dilakukan selama 8 hari sejak tanggal 14 Maret 2022 secara daring dan pada tanggal 29 Maret 2022 dilakukan penutupan secara luring bertempat di Hotel Luminor Pecenongan, Jakarta Pusat dan dihadiri oleh perwakilan dari tiap subsektor di Kementerian perhubungan.

Ditulis oleh Sucianny Putri Hartandia

Close Menu