Webinar AAIPI

Webinar AAIPI

724 total views, 5 views today

Jakarta, 19 Mei 2020

Webinar AAIPI

Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan menjadi panitia bersama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dalam mengadakan Webinar Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI). Inspektur Jenderal Kemenhub DR. Gede Pasek Suardika, M.Sc memberikan sambutan selaku Ketua Komite Pengembangan Profesi AAIPI pada Seminar online melalu aplikasi Zoom dengan tema “COVID-19 : Pencegahan dan Dampak Kebijakan Fiskal, serta Pengawasan Internal” ini. Yang dilanjutkan Pengarahan dan Pembukaan oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu Sumiyati, Ak, M.F.M selaku Ketua Umum DPN AAIPI.

Webinar yang dimoderatori oleh Alexander Zulkarnain (Inspektur VII, Itjen Kemenkeu) turut mengundang 3 orang narasumber, yakni:
1. Dr. Achmad Yurianto (Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan) – Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Indonesia;
2. Michael Rolandi (Inspektur Provinsi DKI Jakarta) – Pengawasan Intern Atas Implementasi Jaringan Pengaman Sosial di Pemprov DKI Jakarta;
3. Hidayat Amir, Ph.D (Kapus Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal) – Ekonomi Fiskal Dikala Covid-19.

Adapun kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberi pemahaman mengenai pandemi Covid-19 dan pencegahannya, kebijakan fiskal yg dikeluarkan pemerintah dan berbagi pengalaman dalam pengawasan anggaran selama masa pandemi covid19 di Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, kegiatan webinar dimaksudkan utk pengenalan lebih jauh AAIPI kepada auditor khususnya di lingkungan Pemda.

Sebagai profesi yang mengenali dengan sangat baik bagaimana governance, risk, dan control maka Auditor Internal Pemerintah harus aktif bahkan dengan kebijakan yang diberlakukan seperti pada saat Covid-19 ini. Dengan harapan Auditor Internal Pemerintah sudah siap untuk proaktif menyampaikan jawaban yang tepat, relevan, dan kritis atas pertanyaan dan bantuan konsultasi ketika dimintah oleh manajemen.

Tambahan pengetahuan untuk mengenali risiko tiap proses kebijakan yang telah diambil pemerintah selama masa pandemi Covid-19 diharapkan bisa memberi solusi bagi auditor internal, manajemen, dan pengambil keputusan. (DNY)

Close Menu