Melalui Diklat Madatukar Kemenhub Ciptakan  SDM yang Berkarakter Unggul dan Tangguh

46 Views

0 Comments

October 18, 2018

Masa Dasar Pembentukan Karakter (MADATUKAR) merupakan pendidikan dan pelatihan (diklat) softskill yang diselenggarakan oleh BPSDM Kementerian Perhubungan kepada para Calon Taruna (catar). Diklat kali ini diselenggarakan di Klaten yang bertempat di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro dan diikuti sebanyak 519 catar dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, mereka merupakan catar angkatan ke-55 PIP Semarang. Para catar mendapatkan perlajaran di dalam dan luar kelas selama 11 hari. Berbagai materi diklat mengenai kepemimpinan dan kerjasama tim langsung diberikan di lapangan.

Pada tanggal 16 Oktober 2018 Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Dr. Wahju S Utomo (Tommy) berkesempatan menghadiri acara ini sekaligus menutupnya esok hari. Dalam sambutan penutupannya, Irjen Tommy menyampaikan, semua yang sudah didapat selama kurang lebih 11 hari ini adalah sebuah latihan yang penting dan bermanfaat nantinya. Irjen Tommy menyampaikan bahwa proses diklat ini tidak hanya sebatas pada transfer of knowledge saja, tetapi memiliki makna lebih utama, dengan harapan dapat mengubah atau membentuk karakter dan watak para catar agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran etika, estetika atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Materi-materi latihan yang diberikan, disusun untuk membentuk para catar menjadi insan Perhubungan yang disiplin, kuat, dan tangguh dalam menghadapi tantangan serta menempa diri menjadi manusia yang berkarakter unggul dan fightfull.

Beberapa tahun ke depan, para catar akan mengambil peran masing-masing untuk berkiprah sebagai insan Perhubungan dan turut serta berperan memajukan Transportasi Nasional. Para catar saat ini merupakan bagian dari generasi milenial dimana Indonesia saat ini sudah menapaki era Industri 4.0, yang antara lain ditandai dengan serba digitalisasi dan otomasi, walaupun belum semua elemen masyarakat menyadari konsekuensi logis atau dampak dari perubahan-perubahan yang ditimbulkannya, namun dengan telah tetapkannya peta Road Map Making Indonesia 4.0 oleh Bapak Presiden, ini mencerminkan kesungguhan negara sedang beradaptasi dengan ragam perubahan besar pada era revolusi industri keempat (Industri 4.0) sekarang ini. Kementerian Perhubungan melalui BPSDMP telah hadir dan berkontribusi bagi negara untuk menyiapkan generasi milenial menjadi angkatan kerja yang kompetitif dan produktif sepanjang era Industri 4.0.

Di sesi akhir penutup ia menyampaikan kepada 519 catar,  bangunlah mimpi yang besar dan mulia dalam hati sanubari. Mimpi-mimpi besar akan membuat kita  terus bergerak mengalahkan rasa takut dan keputusasaan yang menjadi musuh terbesar kita. [ZAR & DTK]

 46 total views

Share Now: