29 Views

0 Comments

November 30, 2016

Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Itjen Kemenhub) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Workshop AAIPI yang beranggotakan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian maupun Lembaga di Indonesia yang kurang lebih jumlahnya sebanyak 600 perwakilan. Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu, 30 November 2016 bertempat di Redtop Hotel & Convention Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Cris Kuntadi selaku Ketua Panitia Workshop Nasional dan juga sebagai Ketua Komite Kode Etik AAIPI mengatakan bahwa Workshop kali ini yang bertemakan “Mewujudkan Pemerintahan yang bersih mrlalui peningkatan kapabilitas pengawasan Intern” dilaksanakan untuk memberikan pencerahan dan tambahan wawasan kepada para Auditor, serta diskusi antara APIP pusat dengan daerah sehingga diharapkan dapat melaksanakan tugas pengawasan Intern untuk kemajuan organisasi masing-masing. Acara dilanjutkan dengan Sambutan Ketua AAIPI lama KiAgus Badaruddin dan Ketua AAIPI yang baru Hadiyanto dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis memorandum Serah Terima Jabatan.

Pada kesempatan tersebut Menteri Perhubungan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo membuka secara resmi Wokshop dengan pemukulan gong.Sugihardjo menyampaikan pentingnya peranan APIP sejak perencanaan anggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN/APBD serta pemberian rekomendasi perbaikan pada setiap kebijakan yang telah dan atau akan diimplementasikan. Disampaikannya pula bahwa APIP agar bekerja lebih professional dan peka terhadap permasalah Negara yang bersifat dinamis serya tidak lupa pula untuk mengedukasi upaya pencegahan korupsi pada semua bidang. Melalui Workshop ini diharapkan diperoleh langkah-langkah yang konkrit dalam upaya peningkatan kapabilatas APIP sehingga dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik serta sebagai pengawas internal, APIP dapat berperan aktif dalam mendukung setiap keputusan Menteri,Kepala Lembaga dan Kepala Daerah agar dapat mengatasi seluruh tantangan yang ada dan mewujudkan pemerintah yang bersih, tutupnya.

Pada workshop tersebut Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur hadir bersama Deputi dan memberikan kata sambutan dan apresiasi yang tinggi terhadap Workshop ini. Perbaikan sistem dan komitmen untuk melakukan perubahan dan konsisten dalam menjalankan sistem good dan clean goverment. Disampaikan juga agar kebiasaan lama yang menitipkan kepentingan pribadi maupun golongan tertentu yang pada akhirnya merusak komitmen kita itu harus dihilangkan. Bahkan kita bisa melakukan studi tiru, bukan studi banding kepada daerah-daerah yang sudah menerapkan sistem tersebut. Undang-undang untuk jajaran APIP pun sedang kami persiapkan untuk menguatkan peran APIP pada setiap Instansi Pemerintah maupun Daerah, ujarnya.

Beberapa materi yang dibahas diantaranya Grand Design Peningkatan Kapabilitas APIP, Best Practise atau Impact dari Perkembangan Kapabilitas Auditor dan trend di lingkup Internasional serta Implementasi Peningkatan Kapabilitas Pengawasan Intern. Workshop ini diharapkan menjadikan APIP menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada produk atau layanan instansi pemerintah dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik yang mengarah pada pemerintahan/birokrasi yang bersih. (R.P.D)

 29 total views

Share Now: