38 Views

0 Comments

October 27, 2016

Jakarta, 27 Oktober 2016. Gaung transformasi digital tidak hanya gencar di sektor bisnis. Instansi Pemerintah saat ini mendorong semua lini bertransformasi ke digital. Memasuki era digital diperlukan perubahan paradigma dan teknologi yang berfokus pada peran utama teknologi digital yaitu data. Sebagai persiapan menyongsong era digital, maka Itjen Kemenhub menghadiri undangan Talkshow Transformasi Digital. Acara yang berlangsung di Hotel Borobudur ini diselenggarakan oleh PT. Astra Graphia Information Technology (AGIT) bekerjasama dengan SAP Indonesia. AGIT adalah perusahaan teknologi informasi penyedia software, hardware dan IT services bagian dari grup Astra International sedangkan SAP Indonesia adalah penyedia software aplikasi bisnis kelas dunia.

Talkshow dihadiri oleh perwakilan berbagai Instansi Pemerintah dan Sektor Swasta yang bergerak di bidang teknologi. Acara dibuka oleh sambutan dari Bapak Hendra Permana selaku Presiden Direktur PT. Astra Graphia Technology (AGIT) dan berlanjut ke beberapa pemaparan dari berbagai narasumber, yaitu :

  1. Pentingnya Data Exchange untuk public sector (Bapak Gede, Perwakilan Dukcapil Kemendagri)
  2. Pengolahan Data yang terintegrasi (Bapak Mukti, Perwakilan PT KAI)
  3. Big Data & Analytics (Bapak Puji, Perwakilan SAP Indonesia)

Materi yang menarik adalah tentang data excange dan pengolahan data yang terintegrasi yang diterapkan oleh Dukcapil Kemendagri dan PT.KAI. Dukcapil Kemendagri telah menerapkan data exchange untuk data kependudukan dimana data kependudukan yang telah tersimpan pada database dukcapil dapat diakses oleh instansi pemerintah yang membutuhkan seperti Bareskrim Polri dan KPK. Data exchange ini terbukti bermanfaat dalam beberapa kasus seperti mempercepat identifikasi korban jenazah saat tragedi Mina yang terjadi pada Tahun 2015. Sedangkan PT. KAI menerapkan SAP untuk memperkuat core bisnisnya terutama pada pelayanan masyarakat, Keuangan, Pengelolaan SDM, Rolling Stock, Infrastruktur, Logistik dan Pelaporan.

Kisah PT. KAI yang pernah gagal dalam menerapkan pengolahan data yang terintegrasi di tahun 2011 namun pantang menyerah dan saat ini telah berhasil menerapkan transformasi digital dapat dijadikan pelajaran berharga, kunci dari penerapan transformasi digital adalah meyakinkan top level managemement bahwa dengan transformasi digital dapat meningkatkan kinerja instansi sehingga top level management akan memberikan dukungan penuh baik dari SDM, biaya dan infrastruktur, selain itu bagi pegawai yang tidak dapat beradaptasi dengan transformasi digital akan diberikan sanksi tegas sehingga seluruh pegawai termotivasi untuk menerapkan transformasi digital (DK).

 38 total views

Share Now: