30 Views

0 Comments

September 16, 2016

Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan menghadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) Portal Web Kementerian Perhubungan Tahun 2016 pada Kamis, 8 September 2016 sampai dengan Sabtu, 10 September 2016 di Pranaya Suite Hotel, Banten.?. Tema FGD ini adalah ?Pemanfaatan Portal Web Kementerian Perhubungan Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik?. Kegiatan FGD dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Operasional Pusat Teknologi dan Informasi Kementerian Perhubungan (Heru Darmawan, ST, MM) dan dihadiri perwakilan Eselon II Kantor Pusat di lingkungan Kementerian Perhubungan, GIKINDO, ORGANDA, INSA, Perusahaan Penerbangan, Perum DAMRI, PT. KAI, PT. Pelni dan PT. Garuda Indonesia.

Secara garis besar pembahasan dalam FGD meliputi Konten Portal, Kondisi Eksisting (Modul, Teknologi, Aplikasi), Permasalahan Pengelolaan, Pertimbangan Desain, Rencana Penyusunan Portal, Integrasi Portal Kemenhub; dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Beberapa permasalahan yang terdapat dalam pengelolaan portal web diantaranya adalah :

  1. Belum semua subsektor menyediakan informasi lebih rinci tentang pelayanan publik yang tersedia di portal;
  2. SDM Pengelola Web Portal masih belum memadai;
  3. Beberapa fungsi dalam menu portal belum bisa digunakan sehingga belum optimal penggunaan menunya;
  4. Fungsi pencarian dalam web portal belum berfungsi;
  5. Link sosial media tidak berfungsi;
  6. Link untuk ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tidak ditemukan dalam portal.

Cara mengatasi permasalahan yang dihadapi adalah dengan melakukan penyempurnaan portal web dan peningkatan kompetensi SDM Pengelolaan Web. Pertimbangan yang perlu dilakukan dalam mendesain suatu portal/website adalah :

  1. Site Design – terkait tampilan website dan sistem menu yang dipergunakan;
  2. Site Functionality ? terkait fasilitas dan kemudahan yang tersedia di web;
  3. Customer Value ? terkait aspek manfaat yang dapat secara langsung dirasakan oleh para pelanggan yang mengakses web.

Desain portal web tidak hanya sekedar menyajikan informasi, tetapi diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung bagi pengguna serta dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dan dapat membuat pengguna tertarif untuk terus memanfaatkan portal web. Oleh karena itu, FGD juga membahas rencana pengembangan portal web di lingkungan Kementerian. Subsektor yang belum memiliki website akan difasilitasi oleh Pustikom dengan menyediakan template microsite dan penyimpanan data dan file fisik di server portal.

Beberapa rencana penyempurnaan portal web yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Desain tampilan berupa landing page;
  2. Bersifat infografik, artinya mempunyai desain visual dan bentuk yang menarik dan mengikuti estetika yang berlaku, serta cara penyampaian pesan yang mudah dimengerti dan informatif. Penggunaan tabel, chart atau grafik lebih menarik dibandingkan berupa narasi;
  3. Portal Intranet bersifat kolaborasi. Portal intranet memiliki beberapa modul utama seperti forum, kalender, berita dan pengumuman. Untuk data pengguna diambil dari Sistem Informasi Kepegawaian, dan Berita diambil dari data berita yang ada dalam Portal Kemenhub.

Selain rencana di atas, Inspektorat Jenderal juga memberikan usul penyempurnaan portal web, yaitu adanya tampilan streaming CCTV milik Kementerian Perhubungan dalam bentuk widget. Data Steaming ini bisa diambil dari CCTV yang tersebar di berbagai unit pelayanan teknis di lingkungan Kementerian Perhubungan, serta berbagai prasarana transportasi seperti Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, Pelabuhan Penyeberangan, Pelabuhan, dan Bandar Udara di seluruh Indonesia. Informasi terkait CCTV sebenarnya sudah tersedia dalam Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) yang dapat diakses melalui rttmc.dephub.go.id, namun belum banyak diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Apabila streaming CCTV dapat ditampilkan dalam menu web maka web Kementerian Perhubungan akan lebih menarik dan informatif. Pengguna dapat melihat dan mengetahui informasi transportasi terkini. Selain itu, streaming CCTV ini juga dapat membuat orang akan tertarik untuk memanfaatkan portal web Kementerian Perhubungan. Semoga penyempurnaan portal web Kementerian Perhubungan ke depan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sebagai bentuk pelayanan prima. (WLN)

 30 total views

Share Now: