10 Views

0 Comments

March 13, 2016

Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, Cris Kuntadi memberikan kuliah umum kepada taruna dan taruni Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Palembang pada tanggal 12 Maret 2016. Pada kegiatan ini, Inspektur Jenderal memberikan materi di hadapan 100 orang taruna dan taruni, juga dihadiri oleh Kepala beserta pada dosen BPPTD dimulai pada pukul 09.30 WIB di Ruang Auditorium Bayuasin. Pada kuliah umum yang berlangsung selama 2 jam ini, Inspektur Jenderal memberikan materi tentang “excelent leadership” dan yang merupakan salah satu unsur penentu dari keberhasilan suatu organisasi.

Dalam materi ini, Inspektur Jenderal menyampaikan bahwa seorang pimpinan harus memiliki 2 (dua) kompetensi, yaitu: soft skill dan hard skill. Hard skill merupakan kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan formal dan informal, sertifikasi serta kemampuan dalam hal bahasa maupun teknologi, sedangkan soft skill antara lain : persatuan, karakter, sikap optimis, keramahan, kebiasaan dan komunikasi. Menurut Inspektur Jenderal, seseorang dapat dikatakan “excellent leadership” apabila dalam organisasi atau unit yang dipimpinnya dia mampu menjadi perencana strategis, memiliki moral dan integritas, dapat menjadi agen perubahan serta memiliki perspektif yang luas.

Diharapkan materi yang diberikan Inspektur Jenderal dapat memberikan menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi para taruna dan taruni BPPTD, serta dapat dijadikan sebagai landasan dan acuan jika suatu saat menjadi pimpinan dalam suatu organisasi. (SPA)

 10 total views

Share Now: