38 Views

0 Comments

May 1, 2015

Inspektorat Jenderal telah melaksanakan pelatihan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK). Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan keterampilan dan penguasaan teknis teknologi Sistem Informasi yang bisa diterapkan secara langsung dalam pelaksanaan tugas pokok pengawasan.  Secara teknis pelatihan ini dirancang untuk membentuk APIP di Inspektorat Jenderal agar mampu menggunakan program komputer sebagai bagian dari proses audit dan dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi prosedur audit

Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama Inspektorat Jenderal dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK- RI. Pelatihan ini diselenggarakan selama 50 Jam Pelatihan yang terdiri dari Pelatihan maupun Praktek Kerja Lapangan. Materi diisi oleh Instruktur dari Pusdiklat BPK – RI dan Kapusdatin Perhubungan selaku Narasumber. Pelatihan dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan dan didampingi Instruktur dari Pusdiklat BPK-RI yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 17 April 2015, untuk pembelajaran bertempat di Ruang Brawijaya Gedung Karsa Kemenhub Lt.6 Jakarta Pusat dan PKL di Kantor Pusdatin Kemenhub lantai 19 dan 25 Gedung Karya  Kemenhub.

Melalui Pelatihan Teknik Berbantuan Komputer ini diharapkan para APIP dapat menerapkan teknik ini dalam rangka pengendalian untuk mengurangi risiko kesalahan dan untuk membantu memastikan bahwa data yang dihasilkan akurat, serta dapat meningkatkan kinerja pengawasan secara efektif, seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Bapak Marta Hardisuwarno dalam penutupan pelatihan tersebut. Pada penutupan ini juga diserahkan 3 (tiga) peserta dengan nilai terbaik hasil dari pre dan post test, yaitu :

  1. Hardono – Auditor Muda Inspektorat II selaku Peringkat I
  2. Gunawan Susilotomo – Auditor Madya Inspektorat II selaku Peringkat II
  3. Hary Bowo Seno Putro – Kasubag Analisa dan LHA I SETITJEN selaku peringkat III.

 38 total views

Share Now: