33 Views

0 Comments

November 29, 2013

Dalam rangka meningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia, pada tahun 2013 Inspektorat Jenderal secara berkesinambungan meyelenggarakan pelatihan intern bagi jabatan fungsional auditor dan fungsional umum sebanyak 5 pelatihan fungsional dan pelatihan teknis.

Dalam pelaksanaan Pelatihan Fungsional Inspektorat Jenderal bekerjasama dengan BPKP menyelenggarakan sebanyak 3 pelatihan, yaitu:

  1. Pelatihan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Angkatan I
    Pelatihan ini dimulai tanggal 4 s/d 8 Februari 2013 dengan peserta yang terdiri dari Pejabat Fungsional Auditor maupun Pejabat Fungsional Umum sebanyak 30 orang bertempat di Hotel Kinasih Resort Cimanggis.
  2. Pelatihan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Angkatan II
    Pelatihan ini dimulai tanggal 4 s/d 8 Maret 2013 dengan peserta sebanyak 30 orang bertempat di Hotel Kinasih Resort Cimanggis yang terdiri dari Pejabat Fungsional Auditor maupun Pejabat Fungsional Umum.
  3. Pelatihan Audit Berbasis Risiko
    Pelatihan Audit Berbasis Risiko dilaksanakan tanggal 1 s/d 5 April 2013 dengan peserta sebanyak 30 orang bertempat di Ruang Rapat Brawijaya lantai 6 Gedung Karsa Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

Pelatihan fungsional tersebut dibuka secara resmi pada tanggal 4 Februari 2013 oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal (Harto Nugroho) didampingi Direktur Pangawasan Industri dan Distribusi BPKP (Lismarwati) dan ditutup tanggal 5 April 2013 oleh Kepala Pusdiklatwas BPKP (Dadang Kurnia) yang didampingi Sekretaris Inspektorat Jenderal (Harto Nugroho).

Sementara untuk Pelatihan Teknis Inspektorat Jenderal bekerjasama dengan Badan Pengembangan SDM Perhubungan melaksanakan sebanyak 2 pelatihan, yaitu:

  1. Pelatihan Teknis Audit Perkeretaapian
    Pelatihan yang dilaksanakan tanggal 27 Juni s/d 4 Juli 2013 ini terselenggara atas kerjasama Inspektorat Jenderal dengan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat dan diikuti sebanyak 28 peserta bertempat di Ruang Rapat Brawijaya lantai 6 Gedung Karsa Kantor Pusat Kementerian Perhubungan. Selain materi, dalam pelatihan ini juga dilaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tanggal 5 Juli 2013 di Kantor PT. Industri Kereta Api (INKA) – Madiun. PKL ini bertujuan untuk dapat melihat langsung proses pembuatan sampai pemasaran kereta api di Indonesia.
  2. Pelatihan Teknis Audit Kenavigasian
    Pelatihan ini dilaksanakan tanggal 3 s/d 11 Oktober 2013 atas kerjasama Inspektorat Jenderal dengan Badan Pengembangan SDM Perhubungan yang diikutioleh 30peserta di Ruang Rapat Brawijaya lantai 6 Gedung Karsa Kantor Pusat Kementerian Perhubungan. Sama halnya dengan pelatihan sebelumnya, juga dilaksanakan Praktek Kerja Lapangan pada tanggal 10 Oktober 2013 di Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Pinang untuk melihat langsung bengkel dan kapal Negara yang ada di Tanjung Pinang serta dilanjutkan kunjungan kantor Vessel Traffic System (VTS) di kota Batam pada tanggal 11 Oktober 2013 untuk dapat melihat langsung pengaplikasian sistem yang digunakan dalam kenavigasian. (uun/ary)

 33 total views

Share Now: