34 Views

0 Comments

June 17, 2013

Sekretariat Inspektorat Kementerian Perhubungan pada tanggal 3 sampai dengan 5 Juni 2013 telah menghadiri kegiatan Forum Pengelola Data Kementerian Perhubungan di Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru, Riau. Tema pada forum adalah “Melalui Temu Pengelola Data kita tingkatkan pemutakhiran dan keakurasian Data Transportasi“. Pada forum dilakukan pemeparan oleh beberapa Unit Pelaksana Teknis dan operator dari BUMN terkait kendala dan solusi yang diharapkan dari penerapan aplikasi SIASATI (Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia) sehingga dapat menjadi informasi yang bermanfaat baik bagi pengambil kebijakan dalam bidang transportasi maupun pengguna jasa transportasi di Indonesia.

Forum pengelola data dihadiri oleh Perwakilan dari Sub Sektor di Kementerian Perhubungan, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Perhubungan, operator BUMN terkait transportasi, Dinas Perhubungan Provinsi di Wilayah Barat Indonesia, dalam forum ini terdapat beberapa masukan dalam upaya menyikapi pemutakhiran dan keakurasian data transportasi serta keharmonisan interaksi antar pengelola sistem aplikasi dan operator aplikasi dengan tujuan peningkatan kuantitas dan kualitas data transportasi, diantaranya:

  1. Adanya upaya yang dilakukan dalam peningkatan kualitas dan fitur aplikasi terkait data transportasi sehingga data dapat menjadi lebih realtime.
  2. Adanya langkah-langkah yang dapat mengatasi keterbatasan infrastruktur jaringan sebagai media utama dalam koneksi aplikasi dan operasional data pada wilayah yang masih belum dapat terjangkau oleh sistem jaringan.
  3. Pelaksanaan pelatihan kepada operator aplikasi dan data yang ditunjuk secara resmi oleh pimpinannya.
  4. Penetapan keamanan operator pengelola data dan aplikasi sehingga dapat meningkatkan keamanan akses data dan aplikasi.
  5. Pembuatan email resmi Kementerian Perhubungan bagi seluruh operator pengelola data dan aplikasi di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Dalam forum ini terdapat bahasan yang sangat penting terkait integrasi data transportasi yang berasal dari masing-masing aplikasi dan data di Sub Sektor Kementerian Perhubungan, maupun yang ada di operator BUMN bidang transportasi serta operator pada Dinas-Dinas Provinsi, sehingga diharapkan adanya koordinasi dan kerjasama yang lebih baik lagi dalam upaya menyediakan informasi layanan data transportasi yang realtime dan akurat bagi pengambil kebijakan bidang transpotasi dan pengguna jasa transportasi di Indonesia.

Pada tanggal 18 sampai tanggal 20 Juni 2013 akan dilakukan pula Forum Temu Pengelola Data Kementerian Perhubungan untuk Wilayah Timur dengan tempat pelaksanaan di Sulawesi Utara. (mcs)

 34 total views

Share Now: