TINGKATKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI
KESELAMATAN DAN PELAYANAN PRIMA MERUPAKAN PRIORITAS KINERJA KAMI
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK TINGKATKAN KESELAMATAN DAN PELAYANAN TRANSPORTASI

Studi Banding Ke Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan

Posted in Berita Kegiatan Sekretariat Inspektorat Jenderal on Apr 03, 2017

Jakarta - Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Itjen Kemenhub) melaksanakan kunjungan ke Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) untuk studi banding penggunaan aplikasi Audit Management System yang dipergunakan di lingkungan Kementerian Keuangan pada Kamis 30 Maret 2017 di Gedung Djuanda II lantai 7 Kementerian Keuangan. Delegasi Itjen Kemenhub dipimpin oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Bambang Sudaryono, beserta perwakilan Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, dan Auditor di lingkungan Itjen Kemenhub. Acara dibuka oleh Sekretaris Itjen Kemenkeu, Drs. Sofandi Arifin, Ak., MPA., CFE. Turut hadir dalam acara studi banding adalah Inspektur VII, Roberth Gonijaya, Ak., MSF., CIA, CISA dan pegawai di lingkungan Itjen Kemenkeu.

Sekretaris Itjen Kemenhub menyampaikan bahwa untuk menunjang dan meningkatkan pengawasan internal di lingkungan Kementerian Perhubungan perlu diimbangi  dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Itjen Kemenhub berkeinginan untuk mengimplementasikan Sistem Manajemen Audit yang dikenal dengan “TeamMate” yang telah digunakan oleh Itjen Kemenkeu sejak tahun 2010. TeamMate merupakan aplikasi program kerja audit yang terintegrasi sehingga memudahkan auditor dalam mengelola tugas dan fungsinya. Aplikasi TeamMate dinilai sebagai aplikasi yang fleksibel karena menggunakan database yang terbuka (tidak dienkripsi) sehingga dapat diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi audit yang lainnya.

Saat ini Itjen Kemenkeu telah mengembangkan aplikasi TeamMate hingga menjadi “TeamMate Suite”. TeamMate Suite merupakan aplikasi sistem manajemen audit, yang mengelola kegiatan audit mulai dari pembuatan Surat Tugas, pelaksanaan kertas kerja, temuan dan rekomendasi, serta diakhiri dengan tindak lanjut hasil rekomendasi. Proses pembuatan TeamMate Suite berdasarkan penjenjangan (Maturity Curve), dimulai dari TeamMate EWP kemudian Team Schedule dan dilanjutkan Team Store, sampai akhirnya menjadi TeamMate Suite. Proses pembangunan TeamMate Suite yang terlihat rumit sebenarnya adalah hal yang mudah karena tantangan terbesar dari pembangunan ini terletak pada sumber daya manusianya. Menurut perwakilan Auditor Itjen Kemenkeu, Ari Sufianto dan Yudhi Haryanto, tantangan pembangunan ini adalah pada implementasinya, yaitu apakah auditor mau beralih menggunakan teknologi.

Besar harapan Itjen Kemenhub dapat mengimplementasikan aplikasi TeamMate ini agar dapat meningkatkan kualitas kinerja pengawasan internal di lingkungan Kementerian Perhubungan. Rangkaian studi banding ini diakhiri dengan penyerahan cindera mata Itjen Kemenkeu ke Itjen Kemenhub serta harapan untuk melanjutkan diskusi mengenai TeamMate pada kesempatan yang akan datang.