Perbanyak Informasi, Portal Itjen peroleh second runner up di tahun 2019

Perbanyak Informasi, Portal Itjen peroleh second runner up di tahun 2019

120 total views, 1 views today

Bogor, 26 Oktober 2019

Inspektorat Jenderal mendapatkan penghargaan juara 3 portal web terbaik tahun 2019 dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Portal Web Kementerian Perhubungan Tahun 2019 di Bogor dengan Tema:” Efektifitas dan Keamanan Portal Web Dalam Mendukung Layanan TIK Kementerian Perhubungan”.

Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Perhubungan tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan unit eselon I serta Biro KIP, Biro Hukum dan Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan.

Acara dibuka oleh Kepala Pustikomhub beliau dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari sekian banyak implementasi TIK di Lingkungan Kementerian Perhubungan, salah satu bidang penerapan yang mungkin memiliki audiens terbanyak di masyarakat adalah Portal Web. Situs Web ini bisa diibaratkan sebagai sebuah ruang tamu, di mana masyarakat luas bebas berkunjung, dan melihat semua jenis informasi yang disediakan dalam ruang tersebut. Sebagai tuan rumah, kita pasti ingin agar ruang publik yang kita sediakan tersebut bisa bermanfaat dan diapresiasi oleh para pengunjungnya. Terlebih lagi, Presiden mendorong agar seluruh lembaga negara terus aktif mengkomunikasikan hasil-hasil pembangunan dan keberhasilan pemerintah. Hal ini tentunya akan menaikkan posisi strategis Portal Web mengingat posisinya sebagai media yang bebas diakses dan memiliki daya jangkau tinggi ke seluruh lapisan masyarakat.

Web Kementerian Perhubungan pada hari ini memiliki nilai tersendiri. Serta dapat lebih meningkatkan efektivitas Portal Web dalam menyampaikan informasi strategis serta positif kepada masyarakat.

Selain itu hal – hal yang harus mulai menjadi perhatian saat ini adalah hal – hal terkait keamanan portal web. Resiko keamanan ini adalah konsekuensi logis dari peningkatan penguasaan teknologi TIK di masyarakat, yang tidak menutup kemungkinan juga akan disalahgunakan oleh oknum tertentu seperti black hacker, cracker, dan sejenisnya.

Turut pula mengundang narasumber dari :

  • Pusat Data dan Sarana Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  • Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi BSSN;
  • Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan.

Acara pemberian penghargaan portal web terbaik tahun 2019 diberikan oleh Kapustikom terhadap 3 unit eselon I yang sudah ditetapkan berdasarkan 10 kriteria penilaian yang dinilai oleh semua unit eselon I

Juara portal web terbaik tahun 2019 di Lingkungan Kementerian Perhubungan adalah sebagai berikut :

  1. Ditjen Perkeretaapian
  2. Ditjen Perhubungan Laut
  3. Inspektorat Jenderal

Adapun 10 kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Updating konten;
  2. Peraturan;
  3. Kebijakan pimpinan;
  4. Jumlah kunjungan;
  5. Tampilan portal desain;
  6. Kemudahan pengguna (user friendly);
  7. Fitur fitur yang disediakan;
  8. Social media tersedia;
  9. Keamanan portal web;
  10. Kemudahan akses dari gadget.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemaparan terkait pengelolaan portal web masing-masing unit eselon I.

Rencana pengembangan di masa mendatang tetap terus ditingkatkan lagi pada kuantitas dan kualitas atas konten informasi serta keamanannya juga dapat berintegrasi dengan aplikasi portal layanan lainnya baik internal maupun eksternal

Terimakasih kepada semua yang telah memberikan sumbangsih ide, pemikiran serta informasi dalam meningkatkan tata kelola informasi digital Itjenhub.[FHM]

Close Menu