Kunjungan Kerja Irjen Ke Pelabuhan Penyeberangan Gunaksa

Kunjungan Kerja Irjen Ke Pelabuhan Penyeberangan Gunaksa

(Bali, 11 Mei 2018) Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo didampingi oleh Inspektur II, Kasman dan Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jujun Endang Wahjuningrum melakukan kunjungan ke Pelabuhan Penyeberangan Gunaksa untuk melihat kondisi dermaga dan akses menuju pelabuhan. Kunjungan juga dilakukan bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, I Nyoman Sucitra serta perwakilan Dari DPRD Klungkung, ASDP Padang Bai, dan pengusaha transportasi Bali.

Kunjungan kerja berfungsi untuk memotret permasalahan yang ada sehingga dapat di ambil kebijakan untuk melanjutkan dan mempercepat pembangunan atau mengalihfungsikan. Kabupaten klungkung telah membebaskan lahan untuk pembangunan akses jalan. Namun pembangunan akses jalan masih perlu di koordinasi kan dengan Kementerian PUPR, termasuk untuk menormalisasikan sungai. “Perlu dikaji kembali mengenai pembangunan pelabuhan penyeberangan ini, baik Dari sisi kemanfaatan maupun pertimbangan kondisi alam. Dan pembangunan ini tidak bisa dilaksanakan oleh Kemenhub saja, butuh kerjasama berbagai pihak seperti Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung serta Kementerian PUPR.”

Apabila pembangunan pelabuhan penyeberangan ini dapat mengoptimalisasikan semua aset yang Ada maka dilanjutkan, jika tidak, maka dialihfungsikan, lanjut Irjen Kemenhub. Selanjutnya Irjen kemenhub dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanah Ampo dan Pelabuhan Penyeberangan Padang Bai. Diharapkan ke depan pelabuhan penyeberangan gunaksa dan pelabuhan tanah ampo dapat mengatasi permasalahan penumpukan antrian di Pelabuhan Penyeberangan Padang Bai.  [WLN]

Close Menu