Siraman Rohani Oleh Aa Gym Dalam Rangka Peringatan Hut Dharma Wanita Persatuan Ke-17

Jakarta ? Dalam rangka peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke 17, pada tanggal 7 Desember 2016 di ruang Mataram Gedung Karya diadakan Siraman Rohani dengan tema ?Penguatan Kualitas Pribadi Guna Meningkatkan Ketahanan Keluarga? yang dibawakan oleh Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Acara dihadiri oleh pegawai Kementerian Perhubungan termasuk pegawai Itjen yang terlihat memenuhi ruang Mataram.

Pada siraman rohani kali ini Aa Gym berfokus pada kehidupan berkeluarga dan interaksi pada lingkungan pekerjaan dengan poin poin sebagai berikut :

  1. Tidak perlu terlalu menonjolkan diri dalam pekerjaan, saling bekerjasama akan menciptakan sinergi untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Perbedaan itu wajar namun tidak perlu disikapi dengan amarah, jadilah pribadi yang sabar dan ikhlas serta berbuat yang terbaik serta memberikan manfaat bagi sesama.
  3. Istri adalah seperti tulang rusuk, tugas suami untuk sabar dan mendoakan agar tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah.
  4. Terkadang muncul kecemburuan baik dalam karir dan keluarga, hal ini tidak efektif karena tidak menyelesaikan masalah, hati yang tidak rela akan membuat penampilan fisik kita menjadi tidak elok terlihat, tidak nyaman dalam bertutur kata dan berkarya atasi dengan sholat, taubat dan istighfar hingga hati menjadi tenang.
  5. Tidak perlu berharap pada makhluk, berserah diri hanya kepada Allah SWT, lakukanlah kebaikan dan lupakan karena Allah maha tahu, maha melihat dan ada balasan untuk smua perbuatan, sekecil apapun pasti ada balasannya
  6. Pandailah menata hati, bukan pandai bertutur kata.
  7. Beberapa kata yang harus sering kita ucapkan adalah permisi, maaf, tolong dan terima kasih.
  8. Agar berhasil dalam mendidik anak maka orang tua harus dapat menjadi teladan yang baik bagi anak.
  9. Jadilah pribadi yang tawadhu, senang mendapat ilmu, masukan dan tidak melihat org lain lebih rendah.
  10. Jangan remehkan orang lain, hormati dan hargai, karena tanpa mereka kita bukan siapa siapa.
  11. Hindari sikap ingin dihormati, dipuji, dicintai karena akan membuat kita semakin sengsara, lakukanlah memberi, menghormati, mencintai maka Insya Allah akan membuat kita menjadi bahagia jika ikhlas.
  12. Sadarilah setiap manusia punya takdir masing-masing, syukuri apa yang ada, pangkat dan jabatan tidaklah kekal, kemuliaan akhlak yg lebih utama, pilarnya adalah tawadhu, ambisilah untuk kebersihan hati.
  13. Lembutkanlah hati, hati keras dan sifat kasar akan membuat orang lain menjauhi kita.
  14. Manusia dihargai karena Allah masih mnutupi aib, kejelekan dan dosa kita oleh karena itu jadilah pribadi yang rendah hati.
  15. Agar bahagia dalam rumah tangga, tahanlah amarahmu, karena orang yang perkasa adalah yang paling kuat menahan amarah.
  16. Jika sedang terjadi masalah dalam rumah tangga, segera istigfar, ambil wudhu, sholat sunnah 2 rakaat dan taubat, pasti ada jalan keluar, allah akan memberikan pertolongan dari tempat yang tidak diduga.
  17. Jangan terpengaruh dengan keburukan orang lain, agar sehat dan bahagia.
  18. Perbanyaklah bersyukur dengan apa yang kita miliki, tidak perlu terlalu memikirkan apa yang tidak kita miliki, jangan mengikuti seluruh keinginan hati karena tidak pernah ada habisnya.
  19. Lakukan sholat tepat waktu, kurangi ngobrol dan berghibah, perbanyak sedekah, bersyukur dan istigfar serta mulailah dari 3 M : Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil dan Mulai saat ini.

Keseluruhan acara berlangsung berlangsung khidmat namun santai dengan diselingi candaan khas Aa Gym yang membuat peserta semakin terlihat antusias mengikuti siraman rohani. Semoga dengan adanya kegiatan siraman rohani ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta menambah motivasi pegawai kementerian perhubungan pada umumnya dan Itjen pada khususnya untuk lebih giat bekerja dan berkarya dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani, demi nusa dan bangsa. (DK)

Close Menu